Tuesday, July 29, 2008

SMS

Dengan mudah, di mana pun dan kapan pun, kita lihat orang-orang ber-SMS-ria. Anak-anak, remaja, orang dewasa, dan orang tua berlomba-lomba memainkan ibu jarinya atau pakai stik canggih. Singkat kata, orang asik ber-SMS. Tapi ada SMS lain yang seringkali dilupakan orang. Apa itu? S: Sembah Sujud; M: Mendengarkan; dan S: Siap Siaga.

Sembah Sujud
Awalilah dan akhirilah hari Anda dengan sembah sujud. Bersyukur kepada Tuhan atas anugerah apapun: besar-kecil, sehat-sakit, untung-malang; karena kita masih diberi hidup dan keselamatan. Dan sadarilah bahwa diri kita pun lemah, karena itu mohon rahmat kerahiman dan kekuatan-Nya.

Mendengarkan
Biasakanlah "duduk" mendengarkan. Mendengarkan Sabda Tuhan, mendengarkan sabda hidup yang kita peroleh dari perjumpaan dan percakapan dengan orang dan peristiwa-peristiwa. Mencecapi, merasa-rasakan, mengenali, memilah-milah agar kita menjadi peka dan respek.

Siap Siaga
Tanggap. Melaksanakan apa yang sudah kita dengarkan dan yakini bahwa ini membawa kebaikan bagi orang lain. Bertindak, sebagaimana Dia juga bertindak dan karenanya pantas kita rayakan dalam tindakan yang menghasilkan buah kebaikan.

Source: diary (July 2008)

No comments: