Tuesday, July 29, 2008

Upacara Bendera

Sobats, untuk pertama kalinya setelah 16 tahun, aku mengikuti lagi upacara bendera. Kok bisa? Begini ceritanya. Per 1 Juli lalu aku mulai berkarya di PIKA Semarang. Lalu, SMK PIKA memulai lagi tahun ajaran baru, tanggal 14 Juli lalu. Nah, karena kami masih warga negara RI yang baik, tentu saja pembukaan tahun ajaran diawali dengan upacara bendera; dan juga misa awal tahun (khan juga warta Gereja yang soleh hehehehe). Yang terpikir olehku ini: kenangan sewaktu SD dan SMP; terutama masa SMP di mana aku aktif sebagai petugas pengibar bendera Merah Putih. Ada kerinduan juga akan kenangan itu. Tapi sudahlah, yang berlalu tinggal kenangan. Lalu aku menerawang lagi. 100% Katolik; 100% Indonesia. Begitulah kata-kata Romo Kanjeng Soegijapranata SJ. Rasa nasionalisme yang berakar dari kesadaran akan kehadiran Sang Khalik. Memerdekakan dan membangun generasi muda Indonesia. Inilah sumbangan PIKA. Aku hanya merasakan syukur ... kami boleh melibatkan diri, menyumbang talenta kami bagi generasi muda.

Source: Diary (July 2008)

No comments: